Friday, March 01, 2019

author photo
Peta 3D Pertama di Great Blue Hole Belize yang di ungkap Para Peneliti
great blue hole by wikipedia

Peta 3D Pertama dari Great Blue Hole Belize yang di ungkap Para Peneliti


asianhighlands.org - Ekspedisi tiga minggu ke Belize telah menghasilkan peta 360 derajat pertama dari Great Blue Hole, sebuah lubang pembuangan laut terbesar yang memiliki lebar 984 kaki dan kedalaman lebih dari 400 kaki. Dilengkapi dengan dua kapal selam dan sonar resolusi tinggi, para peneliti menjelajahi fitur menarik dari lubang pembuangan tersebut.

Alat Sonar memungkinkan tim untuk melihat fitur yang berjarak 20 atau 30 kaki dengan sangat sempurna. Para peneliti menemukan "makam" keong yang dibuat oleh ribuan kerang yang kemungkinan besar akan mati dan mengamati formasi mineral yang disebut stalaktit di dekat bagian bawah lubang yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Menurut CNN , tim juga menemukan beberapa trek yang menarik di bagian bawah lubang pembuangan yang tidak dapat diidentifikasi. Erika Bergman yaitu kepala pilot, ahli kelautan, dan manajer operasi dalam ekspedisi tersebut.

baca juga:

Benarkah Pria Ini Berasal dari Tahun 6491, Katanya Ada Spesies Cerdas Disana


"Great Blue Hole yang bernama sebenarnya adalah collapsed cave (gua runtuh), dipenuhi gua-gua stalaktit, dan dibangun dari lapisan batu kapur halus dan dinding kalsium karbonat yang lebih kasar," tulis Bergman di situs Southern Fried Science.

Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang ini terbentuk selama beberapa peristiwa glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah - analisis penemuan stalaktit di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang telah terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu

"Dengan beragam kepala sonar, yang digunakan secara berurutan selama Ekspedisi, kami telah dapat membuat gambar sonar resolusi tiga dimensi dari interior Great Blue Hole."

Great Blue Hole juga memiliki lapisan hidrogen sulfida sekitar 300 kaki ke bawah yang menghalangi cahaya, mentransisikan penyelam ke dalam kegelapan total. "Anda kehilangan semua sinar matahari Karibia dan hanya berubah menjadi benar-benar hitam, dan benar-benar anoxic di sana tanpa kehidupan," kata Bergman kepada CNN.

Tim peneliti termasuk Fabien Cousteau, cucu ahli kelautan dan pembuat film Prancis Jacques Cousteau, yang membuat daerah ini terkenal pada awal 1970-an. Proyek ini didanai sebagian oleh pendiri Virgin dan miliarder Richard Branson, yang juga bergabung dalam ekspedisi.

The Blue Hole Belize 2018 Ekspedisi itu langsung disiarkan di Discovery Channel pada tanggal 2 Desember 2019 nanti.

sumber : earth.com
dengan judul : Researchers reveal first ever 3D map of Belize’s Great Blue Hole
Penulis : Chrissy Sexton (Earth.com staff writer)

This post have 0 comments

Terimakasih Sudah berkunjung di Website asianhighlands.org

Next article Next Post
Previous article Previous Post